home Lifestyle, Others Kurangnya Kemampuan CVT bisa Diatasi dengan Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin, Lho!

Kurangnya Kemampuan CVT bisa Diatasi dengan Oli Federal Matic 2x Revolusi Dingin, Lho!

Kemampuan motor dengan CVT kian hari kian digandrungi oleh banyak orang. Dan CVT merupakan identitas motor matic. Apakah kamu belum tahu CVT? Baiklah. CVT itu kependekan dari Continuously Variable Transmission alias transmisi otomatis. Dengan adanya CVT, kamu tak lagi repot memindah-mindah persneling buat mengatur tenaga. Jadi lebih simple.

Prestasi motor bertransmisi otomatis ini tergolong mumpuni di kancah penjualan motor di pasaran. Berdasarkan data AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor), peringkat 4 besar diduduki oleh motor matic. Hebat, ya. Animo masyarakat yang tinggi terhadap kebutuhan motor jenis ini tentu harus dibarengi dengan kualitas yang terjaga. Biar seimbang.

Sebab, sayangnya, motor dengan kemampuan CVT biasanya boros bahan bakar. Hal itu maklum karena hampir semua mesin yang serba otomatis memerlukan pembakaran energi yang besar. Namun, kini dengan hadirnya oli motor Federal Matic 2x Revolusi Dingin, kurangnya kemampuan CVT bisa diatasi, lho! Bahkan motor kamu bisa 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, dan 2x lebih bandel.

Oli Federal, Pelumas Pilihan Spesial

Memangnya apa saja sih komponen yang berperan penting terhadap kinerja CVT?

  1. Drive Pulley

Komponen ini bisa juga bernama pulley primer yang bertugas sebagai penampung tenaga yang terhubung oleh mesin kruk-as. Jadi, perpindahan tenaga motor matic kamu sangat dipengaruhi oleh komponen ini. Lewat komponen ini pula, tenaga tersebut akan disalurkan pada pulley sekunder atau driven pulley.

  1. V-belt

Komponen ini berfungsi sebagai penghubung antara pulley primer menuju pulley sekunder. Apa yang dihubungkan oleh komponen ini? Tentu saja putaran mesin. Tanpa adanya komponen ini, tentu CVT hanya soal wacana.

  1. Driven Pulley

Driven pulley bertugas menerima tenaga dari pulley primer lewat v-belt. Hasil inilah yang bisa menggerakkan roda belakang melalui mekanisme kopling centrifugal serta roda gigi reduksi. Jadi motor matic kamu bisa jalan deh.

Motor matic dengan kemampuan CVT itu bukan berarti tidak punya masalah. Justru karena sifatnya yang serba otomatis ini yang membuatnya rentan. Kalau kamu menggunakan transmisi CVT dengan kasar (read—tarik gas sembarangan), mesin motor bisa gampang rusak lho. Selain itu CVT juga susah diperbaiki, jadi harap hati-hati. Di antara itu, penggantian oli adalah perkara wajib dan utama yang perlu diperhatikan.

Penggantian oli secara sembarangan bisa berdampak buruk terhadap kehidupan CVT. Dampak yang bisa langsung kamu rasakan tentu tenaga motor akan gampang loyo. Konsumsi bahan bakar semakin meningkat. Lalu akhirnya kamu tidak bisa bebas pergi ke kondangan.

Untuk itulah Federal Oil Team membuat terobosan baru untuk mengatasi masalah-masalah itu. Kehadiran oli motor terbaik Federal Matic 2x Revolusi Dingin membuat para pecinta matic jadi lega. Pasalnya, sifat-sifat rentan yang dikhawatirkan dari kemampuan CVT itu bisa diatasi. Tidak hanya itu, mesin yang menggunakan oli jenis ini akan awet dan tahan lama. Akselerasi motor di jalan juga meningkat 2x lebih efektif, 2x lebih kencang, dan 2x lebih bandel.

Kapan kamu mau ganti oli? Pergantian oli motor matic yang baik itu biasanya setelah menggunakan motor untuk melaju sejauh 3000 km. Kalau belum ada 3000 km sudah habis dan kering, itu tandanya oli yang kamu pakai belum memenuhi standar kualitas yang recommended. Untuk itu, sebagai pengendara yang baik, hal-hal yang seperti ini tidak bisa kamu abaikan begitu saja. Demi keselamatan diri dan juga orang-orang yang kamu bonceng.

Like and Share ya 🙂

shares