home Lifestyle Cara Merawat Kucing Yang Wajib Diketahui Agar Kucing Sehat Dan Bersih

Cara Merawat Kucing Yang Wajib Diketahui Agar Kucing Sehat Dan Bersih

Kucing merupakan hewan yang memiliki bulu berupa rambut yang lembut, tingkahnya pun sangat lucu dan menggemaskan. Oleh karena itu, kucing banyak sekali yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan di rumah. Apalagi bagi para petani yang memiliki hasil panen padi yang melimpah, kucing dipelihara untuk menakut-nakuti hama tikus musuh sang petani. Selain hewan yang berfungsi untuk menakuti tikus, kucing saat ini juga dijadikan hewan peliharaan sebagai klangenan. Kucing yang sering dijadikan untuk klangenan ini pun bermacam-macam jenisnya. Dari kucing biasa sampai kucing persia yang cukup mahal harganya. Para pemilik hewan kucing biasanya akan mengajari banyak hal kepada kucing klangenannya seperti melakukan permainan. Nah, agar kucing klangenan tersebut sehat dan tetap lucu menggemaskan, tentunya kucing tersebut harus dirawat. Sebagai pecinta kucing mari bersama kita pelajari cara merawat kucing yang baik dan benar.

Merawat kucing dari segi makanan

Agar kucing sehat, maka perlu diperhatikan mengenai merawat kucing dari segi makanan yang diberikan kepada kucing tersebut. Makanan untuk kucing dewasa dan anak kucing pun berbeda, baik dari segi takaran maupun nutrisi yang diberikan. Untuk anak kucing sebaiknya diberi asupan gizi yang cukup. Anda bisa memberi makan anak kucing dengan makanan yang memang khusus untuk kucing kecil atau kitten. Dalam memberi makan anak kucing yang telah berumur lebih dari satu hingga satu setengah bulan, maka berikan makan anak kucing 3-4 kali dalam sehari. Dan setelah dewasa, makanan yang diberikan pun dapat berupa nasi dengan ikan asin dengan susu sebagai pelengkap nutrisinya. Yang perlu diingat jangan sekali-kali memberi makan kucing dengan makanan anjing karena tidak bermanfaat untuk si manis kucing.

Merawat kucing dari segi kebersihan tempat atau kandang kucing

Selain dari segi makanan yang perlu kita pelajari cara merawat kucing adalah memperhatikan masalah kebersihan tempat atau kandang kucing. Kucing seperti halnya manusia. Kucing juga sangat menyukai tempat tinggal yang bersih dan nyaman. Biasanya hewan yang sangat menggemaskan ini sangat suka sekali dengan yang namanya pasir. Oleh karena itu, gunakan bak pasir yang kering, bersih sebagai kandang untuk kucing. Pasirnya pun kalau bisa adalah pasir khusus untuk kucing.

Bagi kucing biasanya pasir digunakan untuk sarana bermain berguling-guling. Selain itu, pasir ini juga memiliki manfaat lain bagi kucing. Yaitu sebagai tempat toilet bagi kucing dalam buang air besar dan kecil. Ketika kucing buang air besar, maka pasir juga akan digunakan untuk menimbun kotorannya tersebut. Tuh kan kucing suka kebersihan ?

Untuk kandang yang digunakan sebagai tempat tidur, gunakan tempat yang nyaman sekaligus hangat dan bersih. Anda bisa membuat sendiri desain tempat tidur yang bersih dan unik untuk kucing binatang kesayangan anda yang satu ini. Anda bisa menyediakan kasur atau busa dengan lapisan kain yang beraneka motif, seperti motif loreng, ataupun warna-warna cerah. Bentuk tempat tidurnya pun dibuat semenarik mungkin seperti bentuk oval, lingkaran, segi lima, ataupun yang paling sederhana yaitu segi empat. Dengan kandang dan tempat tidur yang bersih dan menarik maka kucing kesayangan anda pun bisa betah di rumah anda dan nyaman terlelap saat tidur.

Merawat kucing dari segi kesehatan tubuh

Jika kucing binatang kesayangan memiliki tubuh yang bersih dan sehat, pastinya kita akan merasa senang dengan keberadaan kucing di sekitar kita. Kita akan senang mengajaknya bermain-main, menggendongnya atau gemas sekali dengan tingkah lucunya serta bulunya yang terasa lembut di kulit kita. Kucing pun akan selalu terlihat ceria. Untuk itu, kita harus tahu cara merawat kucing agar tubuh kucing sehat dan bersih.

Untuk menjaga kesehatan tubuh kucing, kita juga perlu pelajari cara merawat kucing tersebut, yaitu bagaimana cara memandikan kucing yang benar. Namun jangan terlalu sering dalam memandikannya. Mandikanlah kucing ketika tubuh kucing berbau. Dalam memandikannya jangan menggunakan air panas, tetapi dengan air dingin. Karena jika dengan air panas, bulu-bulu halus kucing akan mudah mengalami kerontokan. Anda bisa menggunakan shampoo dalam memandikannya, kemudian sikatlah bulu-bulunya dengan lembut. Jangan lupa juga untuk senantiasa membersihkan kuku, telinga dan gigi kucing. Dan terakhir jangan abaikan pemberian vaksinasi pada kucing agar kucing terhindar dari penyakit.

Like and Share ya 🙂

shares